Event

KAYU menjadi komoditas ekspor terbesar kedua setelah sektor migas di Indonesia. Mulai dari Jepang Amerika hingga negara-negara di Eropa menjadi negara favorit tujuan ekspor kayu dari Tanah Air, baik dalam bentuk gelondongan maupun olahan kayu potongan dan berlapis.

Dana Lingkungan Hidup, World Wildlife Fund, memprediksi Pulau Kalimantan akan kehilangan 75? luas wilayah hutannya pada 2020 menyusul tingginya laju deforestasi. Dari sekitar 74 juta hektar hutan yang dimiliki Kalimantan, hanya 71% yang tersisa pada 2005.

Maka itu, PT Jaya Bersama Saputra Perkasa (JBSP), produsen pintu rumah berbahan plat baja dengan merek Fortress, melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) membagikan 1.000 bibit pohon kepada pengunjung kawasan wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Sabtu (8/6).

"Kehadiran pintu baja Fortress juga sejalan dengan komitmen perusahaan untuk terus menjaga kelestarian lingkungan karena tidak menggunakan material kayu. Jika satu rumah ada 3 pintu dari bahan kayu, butuh berapa banyak pohon yang harus ditebang untuk jutaan unit rumah?  karena untuk setiap pintu rumah yang anda gunakan, ada pohon yang harus ditebang" jelasnya.

Efeknya, julukan Indonesia sebagai paru-paru dunia akan melekat abadi dengan total luas hutan sebesar 149.484.543 hektar pada tahun 2045.