Pintu Kamar Mandi Anda Rusak? Atasii dengan Tips Berikut Ini

Pintu kamar mandi rusak memang sangat meresahkan, karena pintu tersebut berguna untuk menjaga privasi. Kalau pintu ini rusak, maka akan membuat keluarga jadi khawatir dengan privasi yang terbuka.

Nah pintu kamar mandi sendiri banyak menggunakan bahan PVC. Sehingga kerusakan pada pintu jenis ini juga sangat beragam, seperti daun pintu yang bolong, engsel patah, kunci dan handle keropos, dan masih banyak lagi.

Kerusakan pada Pintu Kamar Mandi Secara Umum

Disclaimer terlebih dahulu ya, pintu yang kami maksud di sini adalah pintu berbahan PVC atau UPVC. Mengingat sebagian besar masyarakat lebih banyak memakai pintu tersebut untuk kamar mandi mereka.

Banyak sekali masalah yang terjadi pada pintu PVC ini, salah satu masalah yang jelas adalah pintu keropos. Jadi pada bagian daun pintu dan kusen biasanya akan keropos sehingga membuat ketahanan pintu jadi berkurang.

Selain itu ada juga masalah berupa retak pada daun pintu dan daun pintu bolong. Masalah tersebut memang sangat umum terjadi dan biasanya penyebabnya adalah karena faktor benturan benda yang keras.

Kemudian ada juga permasalahan seperti engsel yang rapuh dan roboh. Engsel tersebut umumnya patah sehingga daun pintu tidak bisa bertahan lama.

Bahkan bagian handle dan kunci pintu kamar mandi juga kerap rusak. Adapun penyebab dari kerusakan tersebut adalah karena faktor karena penggunaan yang terlalu kasar. Sehingga membuat kunci jadi rusak dan tidak dapat mengunci dengan sempurna.

Cara Memperbaiki Pintu Kamar Mandi yang Rusak

Ketika Anda mengalami masalah seperti di atas, Anda wajib mengatasinya dengan segera. Kami telah merangkum detail tips untuk mengatasi masalah tersebut. Tetapi tips berikut ini bisa Anda terapkan pada pintu kamar mandi berbahan PVC atau UPVC ya. Lebih detailnya Anda dapat atasi dengan beberapa langkah berikut.

1. Tambal Bagian Daun Pintu

Langkah pertama, Anda bisa menambal daun pintu yang retak, bolong, atau rapuh. Untuk menambalnya, Anda bisa gunakan double tape atau lakban agar tiap bagian tetap bertahan sesuai struktur. Setelah itu, Anda bisa melapisinya kembali dengan kertas atau mika sebagai hiasan. Tujuannya agar nantinya daun pintu yang sambungan bisa tetap terlihat keren.

2. Lem Bagian Engsel

Selanjutnya apabila bagian engsel yang bermasalah karena retak atau patah, maka Anda bisa mengelem bagian tersebut. Silahkan gunakan lem pintu plastik kamar mandi yang kuat, gunakan saja merk terkenal agar lebih aman. Lem yang cepat kering biasanya cocok untuk menambal bagian yang retak atau patah. Hati-hati saat melakukan pengeleman ya!

3. Ganti Engsel

Selanjutnya Anda dapat mengganti produk engsel yang kiranya sudah tidak dapat terselamatkan. Harga engsel pintu kamar mandi plastik cukup murah kok, biasanya sekitar Rp.20.000 hingga Rp.50.000. Saat mengganti engsel, sebaiknya hati-hati ya, agar engsel tetap terjaga dan tidak patah.

4. Ganti Kunci dan Handle

Terakhir Anda bisa mengganti handle dan kunci yang sudah tidak dapat digunakan lagi. Kunci yang sudah rapuh dan patah wajib Anda ganti dengan yang baru. Silahkan datang saja ke toko bangunan kemudian pasang sendiri bagian kunci. Dengan begitu masalah pada pintu kamar mandi dapat teratasi dengan sempurna.

Dengan memahami tips mengatasi pintu kamar mandi rusak di atas, maka Anda bisa mencoba sendiri tips tersebut. Tapi kalau ingin membeli produk pintu PVC untuk kamar mandi yang baru, maka cobalah untuk memakai pintu JBS.

JBS Fortress memiliki produk pintu kamar mandi dengan model yang cukup unik. Selain itu produk pintu tersebut cukup kuat dan kokoh ketimbang pintu PVC biasa. Informasi lebih lanjut silahkan hubungi tim kami ya!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *